Jumat, 29 Oktober 2010

PIS-10-02_30110094_INPUT-OUTPUT DEVICE

Output device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat  hasil pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
Contoh-contoh output device adalah :

1. Monitor
Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihathasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun warna.Secara umum, monitor terbagi atas :
- CRT (Cathode Rays Tube)
Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar katoda.Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara umum hanyaterdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan power supply. Monitortype ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah : Membutuhkandaya yang besar, menghasilkan panas yang cukup tinggi, memiliki bentukfisik yang besar (walaupun ada juga yang memiliki dimensi yang kecil namuntetap tidak praktis karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memilikiradiasi yang besar (walaupun ada beberapa type yang menggunakan jenistabung tertentu yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan olehtembakan CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga yang cukuprendah sehingga tetap merupakan peratalan standard dalam unit komputer.
- LCD (Liquid Crystal Display)
Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD
menggunakan cairan kristal khusus yang berpendar apabila dilalui oleh sinyallistrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna. Kelemahan LCD adalah
harganya yang cukup mahal dan komponen fisik yang ada amat rentanterhadap gangguan, namun LCD juga memilikibeberapakelebihandiantaranya adalah :hanya memerlukan daya yang rendah (Tegangan yangdigunakan cuma 12 Volt), bentuk fisik yang kecil dan ramping sehinggamudah ditempatkan serta tidak menghasilkan radiasi.
-LED (Light emiting Diode)
Menggunakan cahaya pancaran diode sebagai sumber cahaya. Monitor jenis ini  memiliki banyak keunggulan daripada teknologi para pendahulunya,dan pastinya lebih ramah lingkungan.
lebih unggul dibandingkan dengan monitor LCD yang menggunakan CCFL. “CCFL menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan LED: 22 watt dibandingkan 8 watt. Jadi, LED bisa hemat lebih dari 50 persen. CCFL mengandung air raksa sehingga tidak ramah lingkungan. Dynamic contrast ratio LED jauh lebih besar dibandingkan LCD sehingga (image) lebih tajam.

2. Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device.
Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
- Printer Dot Matrix
Jenis ini disebut dengan “Dot Matrix” karena hasil cetakan dibentuk oleh
hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter berupa titik-titik yang
beraturan. Oleh sebab itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini,
jauh lebih besar dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya.
Kehalusan hasil cetakan ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan.
Minimal jumlah jarum yang digunakan adalah 9 pin dan maksimal adalah 24
- Printer Inkjet
printer jenis ini mencetak dengan menggunakan
semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga hasil cetakannya jauh
lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan dot matrix. Printer ini juga
mampu mencetak warna dengan sempurna, bahkan beberapa jenis printer
bahkan mampu mencetak dengan kualitas foto dan mampu mencetak pada
permukaan selain kertas (Plastik dan kain).
- Printer Laser Jet
Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kualitas cetakan yang jauh
melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip dengan
mesin Photocopy, yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen pemanas.
Secara umum, printer ini hanya mampu mencetak dengan dua warna (Hitamdan Putih), namun pada jenis tertentu telah dilengkapi dengan tinta warnasehingga mampu mencetak dengan full color.

Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atauperintah ke dalam komputer. Contoh-contoh Yang termasuk input divice:
1. Keyboard
Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk memasukkan perintah secara
langsung ke dalam komputer yang berupa karakter, baik angka, huruf maupunkode ASCII. Secara fisik, keyboard terbagi atas 3 bagian, yaitu :
_ Keyboard Serial
_ Keyboard PS/2
_ Keyboard Wireless
2. Mouse
Mouse yang dalam bahasa Indonesia berarti “tikus” (Disebut seperti ini karenabentuk dan kabel yang terdapat pada mouse benar-benar menyerupai tikus),berfungsi untuk membantu dalam memberikan perintah kepada komputer dalambentuk pointer. Secara fisik, mouse juga terbagi atas 3, yaitu :
- Mouse Serial
- Mouse PS/2
- Mouse Wireless

Modem adalah  MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Jenis-jenis modem
§  Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
§  Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
§  Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel

0 comments:

Posting Komentar

my hero

my hero
I love my mom, more than everything

Dwita Pratiwi

Dwita Pratiwi
siapa yg sanggup menentukan hari? karena hidup adalah kematian yg tertunda. seandainya nyawa ini dapat dibagi, biarkanlah aku membagi nyawaku untukmu. rest in peace honey, I love you
Diberdayakan oleh Blogger.

My Lovely Big Family

My Lovely Big Family
fotho ini diamil pas Lebaran IdulFitri, semua dari, nenek, saudara2 dan ipar mama, serta sepupu-sepupu dari mama ikut berkumpul bersama kami, yah kecuali kak Wira dan Kak Nindy anak dari kakak tertua mama. oh ya, sepupu2 sy yg sudah berkeluargapun juga membawa keluarga mereka

Pages

Foto saya
not a girl, not yet a woman

BTemplates.com